RAHASIA PERJALANAN UMAT ISRAEL DAN GEREJA AKHIR ZAMAN (BAGIAN II) 1 Korintus 10:1-13
Posted on July 8th, 2020 @ 4:12 am

Dan mereka semua minum minuman rohani yang sama, sebab mereka minum dari batu karang rohani yang mengikuti mereka, dan batu karang itu ialah Kristus. (Ayat 4)

Umat Israel telah minum minuman rohani yang serupa yang sebenarnya hal ini berbicara tentang Roh Kudus dan karunia-karuniaNya, Jika kita hubungkan dengan Yohanes 4:14, 23-24 yang dihubungkan pula dengan Mazmur 23:1-6, yaitu dibawa pada air yang tenang yang keluar dari batu itulah Kristus, karena segala sesuatu itu sumbernya dari Dia, sebagaimana umat Israel telah dipimpin oleh Tuhan dari Mesir menuju ke tanah Kanaan dan sudah makan Manna dari Sorga, juga sudah minum air yang keluar dari pada batu yaitu Kristus. Demikian juga Gereja Tuhan pada akhir zaman dengan Firman dan Rohnya. Hubungkan hal ini dengan Mazmur 43:3 danbandingkan dengan Yohanes 1:17.

Terang berbicara tentang Tuhan, karena Tuhan itulah terang dunia (Yohanes 8:12), dan juga Tuhan itu adalah Firman, yaitu tentang kebenaran yang berbicara tentang RohNya, yang membawa Gereja Tuhan dari kebenaran datang kepada kebenaran (Yohanes 16:13) dan membagikan karunia-karunia menurut kehendakNya (1 Korintus 12:8-11).

View the rest of this entry…


Comments
Uncategorized
RAHASIA PERJALANAN UMAT ISRAEL DAN GEREJA AKHIR ZAMAN (BAGIAN I) 1 Korintus 10:1-13
Posted on July 5th, 2020 @ 11:52 pm

Dalam 1 Korintus 10:1-13 ini disimpulkan tentang perjalanan umat Israel yang perlu diperhatikan. Perjalanan umat Israel merupakan suatu teladan bagi Gereja Tuhan Akhir Zaman ini terutama bagi mereka yang dipanggil menjadi Pengantin Tuhan walaupun berbeda caranya tetapi perjalanan umat Israel dari Mesir menuju tanah Kanaan merupakan suatu teladan dalam perjalanan Gereja Tuhan dari Mesir dunia ini menuju tanah Kanaan. Di dalam Yeremia 2:2 umat Israel disebut Pengantin Tuhan jadi umat Israel dalam perjalanannya dari Mesir menuju tanah Kanaan disebut Pengantin Tuhan, demikian juga perjalanan Gereja dari Mesir (dunia) ini menuju tanah Kanaan (Rohani) disebutkan Pengantin Tuhan.

Yeremia 2:2 berbunyi,
“Pergilah memberitahukan kepada penduduk Yerusalem dengan mengatakan: Beginilah firman TUHAN: Aku teringat kepada kasihmu pada masa mudamu, kepada cintamu pada waktu engkau menjadi pengantin, bagaimana engkau mengikuti Aku di padang gurun, di negeri yang tiada tetaburannya.

View the rest of this entry…


Comments
Uncategorized